Mengapa Suporter FC Barcelona dinamakan CULES ? Ini Unik!

Hi guys… Selamat datang di Blog baru saya, sesuai nama blog ini (tentangsuporter) jadi disini saya akan memuat beberapa tulisan yang tak lain tentang dunia sepakbola.

Bingung mau kasih artikel apa buat ngawalin isi blog ini… Oke, berhubung saya adalah suporter klub FC Barcelona (walaupun hanya fans layar kaca) jadi untuk mengawali isi blog ini sesuai dengan judul diatas saya akan berbagi sedikit pengetahuan saya tentang asal-usul sebutan Fans / Suporter FC Barcelona. Pasti sudah banyak yang tau dong sebutan unik untuk fans Barcelona? Yup, apalagi kalau bukan CULES….

    Tujuan saya menulis artikel ini adalah selain untuk berbagi pengetahuan juga untuk meluruskan berbagai tanggapan atau persepsi yang salah tentang makna kata Cules ini, sebagian dari kalian mungkin sudah tau artinya.. Yang belum tau makannya dibaca dulu, okesip! ☺

    Suporter FC Barcelona pada jaman dulu sering disebut cules, kata ini merujuk pada cul yang dalam bahasa Catalan berarti bokong. Jadi, para suporter itu disebut bokong. Lantas, kenapa sebutan itu jadi  milik para suporter Barcelona?

     Jadi begini ceritanya : Sebelum Stadion Camp Nou dibangun, klub yang didirikan pada 29 November 1899 ini hanya memiliki stadion yang sangat sederhana. Stadion itu hanya dikelilingi tembok sederhana dan sering kapasitasnya tak bisa menampung jumlah penonton yang datang. Para suporter Barcelona menyaksikan pertandingan di  tembok stadion. Ini terjadi saat Barcelona belum membangun Stadion les Corts pada 1922. Karena itu, suporter Barcelona sering disebut cules yang artinya punggung, karena dari luar hanya terlihat punggung mereka.


cules1

Karena itu, sebagian penonton biasanya mengambil tempat di tembok itu. Mereka duduk berjajar di tembok. Dari luar, orang-orang yang lewat hanya bisa melihat punggung para penonton yang nangkring  di tembok itu.

Oleh karena itu, sering ada anekdot bahwa para penonton itu disebut cules. Lambat laun, sebutan itu menjadi melekat kepada suporter Barcelona. Barcelona sendiri baru bisa membangun stadion lebih bagus pada 20 Mei 1922. Stadion bernama Les Corts itu berkapasitas 30.000 orang. Sejak Les Corts berdiri, tak terlihat lagi penonton yang duduk di tembok dan terlihat punggungnya dari luar.
Apalagi, setelah stadion yang akhirnya dinamakan Camp Nou itu diperluas lagi menjadi berkapasitas 60.000 penonton. Setelah mengalami beberapa renovasi, Camp Nou kini memiliki kapasitas 99.354 penonton dan menjadikannya sebagai stadion termegah sekaligus termewah di Eropa.
Dengan berdirinya stadion baru yang megah itu jadi para fans Barcelona sudah dengan leluasa untuk menonton klub kebanggaannya bermain tanpa harus berebut tempat duduk berjajar diatas tembok, yang membuat mereka hanya terlihat bagian punggungnya. Andai saja stadion Barcelona dari dulu dibuat tertutup mungkin tak akan tercipta istilah Cules untuk Fans Barca.

Tapi walau begitu nama cules masih tetap menjadi sebutan kebanggaan bagi fans Barcelona, khususnya bagi Rakyat Catalan. Tak hanya itu, bahkan kiper andalan Real Madrid Casillas sering dipanggil sekaligus dijuluki dengan panggilan “Culote”. Meski artinya adalah (maaf) pantat, namun di Spanyol istilah ini ditujukan untuk seorang yang beruntung / pembawa keberuntungan.
Tak hanya di Spanyol sana, sebutan ini pun sudah meluas di berbagai Negara luar Spanyol yang banyak ditempati oleh fans Barca seperti Brazil, Marocco, Argentina, bahkan Indonesia. Dapat kita temui dengan mudah di berbagai media sosial yang mengatasnamakan dirinya sebagai fans Barcelona dengan nama ‘cules’ terutama di jejaring sosial seperti facebook dan twitter, banyak sekali halaman facebook (fanpage) yang berembel-embel Cules. Tak terkecuali saya (penulis), saya pun tertarik untuk menambahkan kata cules pada username akun twitter saya (@Cules…. pindah ke @ComedyBarca) karna menurut saya pribadi itu adalah kata yang unik sekaligus bersejarah. Berharap dengan nama itu saya juga bisa membawa keberuntungan layaknya Casillas… heuheu~

Oke, thanks guys udah rela meluangkan sedikit waktunya untuk baca artikel ini.. Semoga  apa yang saya tulis bisa menambah wawasan kalian sekaligus bermanfaat.

Jadilah Suporter yang Cerdas dan Dewasa. Apapun Tim yang kita bela sudah menjadi hak masing-masing suporter. Say No To Racism!
I’m so Proud to be a CULÈ !!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s